Jumat, 04 Maret 2011

Broadcast Engineer (1)

Selamat bergabung para broadcast engineer, bagi yang mau sharing lebih lanjut silahkan berikan pencerahan pada blog ini..

Pada tulisan ini saya akan sharing tentang broadcast engineer. Secara definisi broadcast engineer adalah salah satu cabang profesi dari electrical engineer. Cakupannya mulai dari engineer yang menangani studio sampai akhirnya yang berkaitan dengan transmitter. Sehingga pada prakteknya broadcast engineer merupakan gabungan dari berbagai profesi engineer yang setiap bagian memiliki keahlian spesial ( special skill ) dalam bidang pekerjaannya.

Pada Sharing kali ini Kita coba mengenal dengan (1) TV Studio and Outside Broadcast Engineer , para engineer ini menangani seluruh aspek teknis dan operasional pada peralatan yang ada didalam studio broadcast, juga termasuk didalamnya seluruh peralatan yang ada pada Production Control Room (PCR).

juga mereka menangani peralatan yang ada diluar studio broadcast atau dikenal dengan Outside Broadcast (OB) seperti OB Van, SNG Van dan sebagainya. Penanggung jawab utama pada bidang ini dikenal dengan Technical Director (TD) atau dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai Pengarah Teknik. Fungsi dan Tugas seorang TD adalah (a) Sebagai Chief untuk seluruh kru teknik yang memastikan seluruh peralatan dan fasilitas teknik siap untuk digunakan pada setiap sesi rekaman maupun siaran langsung. Selain itu, (b) TD berfungsi sebagai konsultan serta pelatih bagi kru Teknik pemula. (c) TD sebagai konsultan bagi Director (sutradara) atau dikenal juga sebagai Program Director (PD), karena walau bagaimanapun TD akan memberikan masukan terhadap proses kreatif suatu produksi berkenaan dengan alat yang akan digunakan. (d) TD juga berfungsi sebagai Technical Quality atas hasil gambar maupun suara yang dihasilkan selama proses rekaman maupun siaran langsung, dengan menggunakan Waveform dan Vector scope untuk mengukur kelayakan parameter gambar dan suara.

Posisi Technical Director pada stasiun televisi bisa dikatakan setara dengan produser dalam sebuah program, jika produser bertanggung jawab terhadap sisi seni dan karya kreatifnya, maka Technical Director bertanggung jawab terhadap aspek teknis dan operasional pendukung atas peralatan yang digunakan serta kualitas gambar dan suara pada saat diproduksinya program tersebut. Sehingga bisa dikatakan posisi ini merupakan salah satu elemen kunci dari sekian kunci utama dalam Broadcast Engineering. Pada tulisan selanjutnya kita akan mengenal broadcast engineer yang lainnya.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih

Oki Teguh Karya

Tidak ada komentar: