Selasa, 01 Maret 2011

An Introduction Broadcasting Engineering

Kalo kita mendengar kata broadcasting, maka identik yang ada pada benak kita adalah Radio dan Televisi, namun hari ini broadcasting tidak hanya menggunakan media radio maupun televisi yang telah lama ada dirumah kita yaitu Radio dan Televisi Terresterial (kata ini belakangan akan sering kita temui), namun di tambah juga dengan media Internet, sekarang kita mengenal Televisi Streaming juga Radio Streaming yang artinya siaran yang ada pada televisi dan radio di broadcast melalui jaringan IP (Internet Protocol).

Bagaimana siaran radio maupun program Televisi bisa hadir ke rumah kita? Itulah yang dilakukan oleh para Engineer. Yaitu orang-orang yang berkecimpung menghantarkan setiap konten yang dibuat sampai pada khalayak ramai. Mungkin kita tidak menyadari hal ini, karena kita terpaku pada konten siarannya Ronald dan Tike di JakFM dengan TAWCO nya atau konten siaran yang digagas oleh Kemal dan TJ di GenFM. Namun hal yang juga merupakan bagian penting selain konten adalah Broadcasting Engineering itu sendiri, dimana dia menghantarkan dari ruang siaran atau dari Studio Produksi sampai ke setiap rumah di pelosok negeri.

Menurut Graham Jones dalam bukunya A Broadcast Engineering Tutorial for Non-Engineers” (2005) dia mengatakan bahwa “ Bentuk sederhana dari Stasiun Radio dan Televisi terbagi menjadi dua bagian yaitu : The Studio Complex dan The Transmitter Site juga jaringan yang berada diantara keduanya”. Studio merupakan tempat dimana konten program/ siaran dibuat sedangkan Transmisi merupakan peralatan yang mem-Broadcast apa yang telah dibuat melalui media udara (Nirkabel) atau melalui kabel namun yang sering kita kenal dengan On-Air. Diantara kedua bagian ini terdapat jaringan sistem yang juga tidak sederhana alias komplek dimana berfungsi untuk menghubungkan studio dengan site transmisi.

Sampai disini mari kita simpulkan bahwa Broadcasting Engineering juga merupakan bagian penting dalam dunia broadcasting. Meskipun orang-orang yang menggeluti bidang ini tidak pernah muncul di layar kaca atau terdengar suaranya pada radio anda, namun berkat usaha serta andil mereka pula lah setiap program, informasi serta konten yang dibuat oleh setiap media hadir di tengah-tengah kita untuk bisa di nikmati oleh semua orang.

Pada tulisan berikutnya kita akan mulai menganal lebih jauh tentang dunia Broadcasting Engineering. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Oki Teguh Karya

Tidak ada komentar: